KURIKULUM
Dengan memanjatkan puji syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berkatNYA kita dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Wakil Kepala Sekolah untuk tahun pelajaran 2024/2025
Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah adalah;
(1) Menjabarkan kurikulum menjadi program operasional pembelajaran di sekolah melalui analisis kurikulum, sinkronisasi, serta menetapkan kurikulum validasi;
(2) Menetapkan program pembelajaran, jadwal kegiatan, pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran dan bahan ajar;
(3) Mengorganisasi/mengkoordinasi kegiatan belajar mengajar baik normatif, adaptif maupun produktif yang terdiri dari; persiapan KBM, pelaksanaan KBM, evaluasi hasil belajar, analisis hasil evaluasi belajar, perbaikan dan pengayaan;
(4) Mengelola administrasi pendidikan/pengajaran; dan
(5) Merencanakan dan menyusun program pengembangan kurikulum.
Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja ini tidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Wakil Kepala Sekolah selama tahun pelajaran 2024/2025. Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja ini akan meningkatkan kinerja kurikulum sebagaimana mestinya, sesuai dengan Visi dan Misi SMA Pasundan 2 Bandung.
Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran maupun kritikan dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.
Bandung, Juli 2024
Wakil Kepala Sekolah
Puji Astuti, S.Pd.,M.P.
NUP. 102.1504
PROGRAM KERJA
WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM
SMA PASUNDAN 2 BANDUNG
Puji Astuti, S.Pd.,M.P.
NUP. 102.1504
- Sasaran Mutu Wakasek Bidang Kurikulum
Sasaran mutu Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMA Pasundan 2 Bandung pada tahun pelajaran 2024/2025 adalah :
- 91 % – 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi.
- 91 % – 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi keterampilan sesuai dengan tingkat kompetensi.
- 91% – 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
- Peserta Didik memiliki keterampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung berdasarkan kuantitas serta kualitas yang terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain meliputi 1) Praktik di Dunia Pendidikan, 2) Praktik laboratorium sekolah 3) pelaporan tugas / kegiatan, 4) presentasi hasil penugasan 5) keterlibatan dalam kepanitiaan, 6) keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa.
- Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut: 1) diputuskan, 2) ditetapkan, 3) disosialisasikan, 4) disahkan.
- Peserta Didik mengikuti berbagai test : 1) Ulangan Harian, 2) Penilaian Harian Tengah Semester/Penilaian Sumatif Akhir Semester 3) Penilaian Akhir Jenjang.
- Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah : 1) menetapkan tujuan penilaian, 2) menyusun kisi-kisi ujian, 3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian, 4) melakukan analisis kualitas instrumen, 5) melaksanakan penilaian, 7) melaporkan, 8) memanfaatkan hasil penilaian.
- Sasaran Kerja Bidang Kurikulum
Untuk mencapai sasaran mutu Wakasek Bidang Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2024/2025 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :
- Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025.
- Pembuatan Pembagian Tugas Mengajar tahun pelajaran 2024/2025.
- Menyusun Jadwal Pelajaran TP 2024/2025 bersama dengan Ketua MGMP.
- Memastikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum 2013 pada kelas XI & XII dan Kurikulum Merdeka pada kelas X, melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervisi akademik.
- Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PHTS, PSAS, Assessment Akhir Jenjang )
- Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
- Menyusun dan merevisi kembali Standar Operasional Prosedur (SOP) dan atau Petunjuk Teknis (Juknis) yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.
- Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat sekolah.
- Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis teknologi informasi melalui penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan kelanjutan ke perguruan tinggi negeri.
- Mendorong Peran LSP – P1 SMA Pasundan 2 Bandung dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik.
- 100 % Peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2024/2025 lulus dari SMA Pasundan 2 Bandung
- Meningkatkan persentase siswa SMA Pasundan 2 Bandung yang diterima di perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi kedinasan melalui jalur SNBP dan SNBT.
- Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
- Menyusun K13 DAN Kurikulum Merdeka SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2024/2025 dan memastikan bahwa dokumen K13 dan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum merdeka telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan oleh Ketua Komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.
- Program Kerja Bidang Kurikulum
Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, Indikator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan yang direncanakan oleh bidang kurikulum SMA Pasundan 2 Bandung. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2024/2025. Adapun Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah seperti pada tabel berikut dibawah ini :
NO | NAMA KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | INDIKATOR KETERCAPAIAN | UNSUR YANG TERLIBAT | PENANGGUNG JAWAB | WAKTU | KET |
A. | Standar Isi | |||||||
1. Penyusunan Program Kerja Kurikulum | Rapat koordinasi Wakasek bersama staf untuk penyusunan program kerja | Untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu Wakasek bidang kurikulum | Tersusunnya program kerja Wakasek bidang kurikulum SMA Pasundan 2 Bandung TP 2024/2025 | Wakasek dan Staff | Wakasek Kurikulum | Juli 2024 | ||
2. Penyusunan Peraturan Akademik | Rapat penyusunan peraturan Akademik SMA Pasundan 2 Bandung TP 2024/2025 | Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan menjadi pedoman seluruh warga SMA Pasundan 2 Bandung | Tersusunnya Peraturan Akademik SMA Pasundan 2 BAndung TP 2024/2025 | Wakasek dan Staff | Wakasek Kurikulum | Juli 2024 | ||
3. Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester Ganjil TP 2024/2025 | Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester ganjil TP 2024/2025 | Untuk menyusun jadwal pelajaran semester ganjil TP 2024/2025 | Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester ganjil TP 2024/2025 | Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum | Kepala Sekolah | Juli 2024 | ||
4. Pengembangan Kurikulum SMA Pasundan 2 Bandung | a. Rapat evaluasi implementasi dan penyusunan draft K13 dan Kurikulum Merdeka oleh Tim Pengembang Kurikulum.
b. Workshop Review draft K13 dan Kurikulum Merdeka TP 2024/2025. c. Penyelarasan Kurikulum d. Finalisasi Dokumen K13 dan Kurikulum Merdeka TP 2024/2025 |
a. Mengembangkan K13 dan Kurikulum Merdeka berdasarkan hasil evaluasi implementasi K13 dan Kurikulum Merdeka.
b. Menyelaraskan kurikulum dan revisi K13 dan Kurikulum Merdeka agar sesuai dengan peraturan terbaru dan kompetensi yang dibutuhkan. c. Menyelaraskan kompetensi dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan kebutuhan dunia pendidikan. d. Mengesahkan dokumen K13 dan Kurikulum Merdeka yang telah direview oleh tim
|
a. Tersusunnya Draft Dokumen K13 dan Kurikulum Merdeka hasil usulan dari dunia Pendidikan dan perbaikan berdasarkan evaluasi.
b. Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku. c. Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan kebutuhan dunia pendidikan. d. Adanya Dokumen K13 dan Kurikulum Merdeka TP 2024/2025 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat |
Tim Pengembang K13 dan Kurikulum Merdeka, Wakasek dan Staff, Ketua MGMP | Kepala Sekolah | Juli 2024 | ||
5. Pembagian Tugas Mengajar Guru | Rapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru TP 2024/2025 | Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guru | Tersusunnya Beban Mengajar Guru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku | Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Staf | Kepala Sekolah | Juli 2024 | ||
B. | Standar Proses | |||||||
1. Pengadaan Buku Pemerintah dan Buku Pendamping | Kegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (pemerintah), buku nonteks pelajaran, modul pembelajaran. | Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar / buku teks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun kuantitas. | Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pencapaian kompetensi. | Wakasek Kurikulum, Ketua Staf, Ketua MGMP, dan guru mata pelajaran. | Kepala Sekolah | Juli 2024 | ||
2. Workshop Penulisan soal HOTS bagi guru SMA Pasundan 2 Bandung | Pelatihan bagi guru SMA Pasundan 2 Bandung tentang penulisan soal HOTS. | Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen evaluasi / soal tipe HOTS. | Guru mampu menyusun soal bertipe HOTS. | Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, guru SMA Pasundan 2 Bandung | Kepala Sekolah | Juli 2024 | ||
3. Rapat Koordinasi Wakasek Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas, Ketua MGMP Mata Pelajaran dan Koordinator BP/BK | Rapat Wakasek Kurikulum dan Staff bersama dengan Wakasek Kesiswaan, Sarana , dan Humas, Ketua Kompetensi Keahlian ketua MGMP Mapel, dan Koordinator BP/BK dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan. | Adanya koordinasi dan sinergi antara unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Pasundan 2 Bandung. | Semua unit kerja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baik. | Kepala Sekolah, Wakasek, Ketua MGMP dan Koordinator BP/BK | Kepala Sekolah | Juli 2024
|
||
4. Rapat Koordinasi Wali Kelas dengan orang tua wali siswa | Rapat antara wali kelas dengan orangtua peserta didik yang diampu dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi. | a. Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi program sekolah kepada orangtua siswa.
b. Menyamakan visi dan misi antara orangtua dan sekolah dalam mendidik peserta didik. |
Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Pasundan 2 Bandung. | Kepala Sekolaah, Wakasek Kurikulum, Wali Kelas, Orangtua peserta didik | Kepala Sekolah | Juli 2024
|
||
5. Penguatan Program Literasi Sekolah | a. Pengadaan Buku nonteks pelajaran.
b. Pengadaan Lemari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas
c. Rapat Koordinasi Tim Gerakan Literasi Sekolah SMA Pasundan 2 Bandung
|
a. Untuk meningkatkan kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi.
b. Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pada setiap ruang belajar
c. Untuk menyusun program kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi
|
Adanya buku non-teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi baca.
Adanya lemari / tempat buku pada setiap ruang belajar.
Adanya Program Kerja Tim Literasi. |
Kepala Sekolah, WKS Kurikulum, Kepala Perpustakaan, WKS Sarana, | Kepala Sekolah | Juli 2024
Juli 2024
Juli 2024 |
||
6. Program Persiapan SNBT Tahun 2024 (Pemantapan) | a. Penyusunan dan Penggandaan Modul Persiapan SNBT sesuai dengan SKL yang ada.
b. Kegiatan penambahan pembelajaran/tutorial untuk mata pelajaran yang diujikan dalam SNBT. |
a. Untuk menyusun modul persiapan SNBT dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan menyelesaikan soal-soal tipe UNBK pada setiap mata pelajaran.
b. Untuk mempersiapkan materi dan mental siswa dalam rangka menghadapi SNBT sehingga rata-rata nilai SNBT SMA Pasundan 2 pada TP 2024/2025 meningkat. |
Tersusunnya Modul Persiapan SNBT dari setiap mata pelajaran yang diujikan
Terlaksananya program tutorial bagi kelas XII. |
Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Staff, Guru mapel yang diujikan dalam SNBT | Wakasek Kurikulum | Desember 2024
Januari s.d Maret 2025 |
||
7. Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran | Supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. | Untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan perbaikan secara berkelanjutan. | Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru. | Kepala Sekolah dan tim supervisi | Kepala Sekolah | September 2024 dan Maret 2025 | ||
C. | ||||||||
1. Sosialisasi Penilaian (instrumen penilaian) | Rapat koordinasi dan sosialisasi tentang komponen, teknik, dan instrumen penilaian bagi semua guru SMA Pasundan 2 Bandung. | Untuk meningkatkan pemahaman guru SMA Pasundan 2 Bandung tentang penilaian hasil belajar. | Guru di SMA Pasundan 2 Bandung memahami tentang komponen, teknik, dan instrumen penilaian hasil belajar. | Kepala Sekolah dan semua guru | Wakasek Kurikulum | Oktober 2024 | ||
2. Pengembangan dan implementasi e rapor SMA untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar Siswa | Sosialisasi dan implementasi E-Rapor SMA untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar Siswa. | Semua guru memahami dan bisa menggunakan aplikasi e-rapor sebagai wujud implementasi sistem informasi manajemen di SMA Pasundan 2 Bandung. | Tersusunnya Rapor Hasil Belajar siswa menggunakan eraport SMA. | Kepala Sekolah dan Semua guru | Wakasek Kurikulum | Desember 2024 | ||
3. Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian) | Penilaian terhadap kompetensi yang telah dipelajari peserta didik melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, dan atau tes lisan. | Untuk mengukur kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi tertentu.
|
Adanya dokumen hasil pekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian harian. | Guru, peserta didik | guru | Juli 2025 s.d. Mei 2025 | ||
4. Kegiatan Penilaian HarianTengah Semester | Penilaian Harian Tengah Semester oleh sekolah terhadap kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah 8 s.d. 9 minggu efektif. | Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektif. | Semua peserta didik melaksanakan penilaian Harian Tengah semester yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PHTS. | Wakasek Kurikulum, Ketua MGMP, Guru dan Peserta Didik | Wakasek Kurikulum | Oktober 2024 dan Maret 2025 | ||
5. Kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Semester Gasal | Penilaian Sumatif Akhir Semester oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester. | Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester. | Terlaksananya Penilaian sumatif akhir semester yang berkualitas
Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian sumatif Akhir Semester dan laporan akhir semester |
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik | Wakasek Kurikulum | November 2024 | ||
6. Kegiatan Penilaian Kenaikan Kelas | Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada akhir semester genap bagi kelas X dan XI untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester. | Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester pada saat semester genap. | Terlaksananya Penilaian Kenaikan Kelas yang berkualitas
Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester |
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik | Wakasek Kurikulum | Mei 2025 | ||
7. Kegiatan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN) | Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada standar kompetensi Lulusan. | Untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik kelas XII pada mata pelajaran tertentu dan menjadi penentu kelulusan peserta didik. | Terlaksananya USBN yang berkualitas dan diikuti oleh semua peserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis USBN serta Laporan Pelaksanaan USBN. | Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII | Kepala Sekolah | Maret / April 2025 | ||
8. Kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) | Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada standar nasional pendidikan khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, matematika dan bahasa inggris. | Untuk mengukur capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran bahasa indonesia, bahasa inggris dan matematika. | Terlaksananya UNBK yang berkualitas dan diikuti oleh semua peserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis UNBK serta Laporan Pelaksanaan UNBK. | Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII | Kepala Sekolah | April 2025 |
Bandung, Juli 2024
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SOLIHIN, S.Pd., M.M. PUJI ASTUTI, S.Pd., M.P
NUP. 101.0113 NUP. 102.1504