Kesiswaan

Program kerja kesiswaan 2019-2020

PENDAHULUAN

Sekolah merupakan tempat/wahana pembentukan kepribadian siswa secara utuh. Disamping transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, juga pembentukan mental kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melihat dari hal tersebut sudah barang tentu, kemampuan yang dimiliki siswa di luar akademik sedapat mungkin diwadahi dan dikembangkan oleh sekolah melalui kegiatan OSIS beserta ekstra kurikulernya.

Di dalam pelaksanaannya kegiatan OSIS dengan ekstra kurikulernya memerlukan pengorganisasian dan pembinaan secara khusus, sebagai wujud pengembangan kepribadian serta kemampuan siswa, disamping itu pula merupakan bagian dari pendidikan akhlak mulia.

PROGRAM KEGIATAN

Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kesiswaan selama satu tahun ke depan adalah:

1.  PENERIMAAN  PESERTA DIDIK BARU 2019-2020

Kegiatan PPDB 2015 dilaksanakan pada setiap sebelum dimulainya tahun ajaran baru. Kegiatan ini akan dilaksanakan berdasarkan kepada peraturan pemerintah yang telah ditetapkan setiap tahun.

 2. MELAKSANAKAN KEGIATAN PLS

PLS merupakan masa-masa pengenalan kampus bagi siswa baru yang telah diterima. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  

3. ORGANISASI

A. OSIS dan MPK

a.1. Mengokohkan eksistensi OSIS di hadapan seluruh siswa sebagai

        motor penggerak dan fasilitator kegiatan siswa secara   keseluruhan

a.2. Meningkatkan kemampuan managerial OSIS secara mandiri dalam

        menyelenggarakan setiap kegiatan di sekolah.

a.3. Membantu membentuk pribadi pemimpin pada diri anggota OSIS

a.4. Mendorong siswa untuk berusaha memahami sikap demokratis

a.5. Membantu siswa untuk belajar mampu menerima kekurangan orang lain.

a.6. Memberikan pengalaman bagi siswa mengenai mekanisme kerja   organisasi.

a.7. Memberikan pengertian bahwa OSIS merupakan wadah dan Induk serta evaluator bagi

       pengembangan ekstra kurikuler.

Upaya untuk mencapai hal tersebut maka harus dilaksanakan :

 1. Mengadakan pemilihan calon anggota OSIS secara selektip melalui

     Beberapa tahap wawancara, diklat yaitu diklat 1, 2 dan 3.

 2. Mengadakan simulasi mini event secara mandiri dengan diberi du

     Rasi waktu persiapan selama 2 minggu sebagai uji coba dari diklat

     Yang telah dilaksanakan.

 3. Melaksanakan kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa dengan

     Penekanan materi kepada ke OSIS san, Management kegiatan, kepe

     Mimpinan serta manajemen keuangan dan budi pekerti.

 4. Mengadakan event dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari sebe

      Lumnya sebagai uji coba dari hasil LDKS.

 5.  Penyusunan Program kerja dan pelaporan pertanggung jawaban

 6. Mengadakan kunjungan studi banding terhadap OSIS di sekolah lain

 7. Selalu melaksanakan pertemuan sebagai evaluasi kegiatan rutin

     Dilaksanakan setiap satu bulan satu kali.

 8. Mendorong OSIS agar selalu menjadi pelopor bagi terlaksananya

     Program sekolah di kalangan siswa.

 9. membentuk Pribadi siswa OSIS yang selalu menjadi inisiator tindakan yang baik di    

    lingkungan sekolah khususnya.

10. Melaksanakan kegiatan riil sebagai pembelajaran Organisasi seperti:

 a. Peringatan hari Proklamasi

 b. Peringatan Isro Mi’raj bersama Ekskul Sharis

 c. Maulid Nabi Muhammad Saw bersama Sharis

 d. Porseni

 e. Kegiatan Pesantren kilat bersama Sharis

 f. Membantu pelaksanaan kegiatan MOS

 g. Melaksanakan Razia

 h. Melaksanakan lomba kebersihan

 i. Melaksanakan Upacara bendera setiap hari senin

 j. Melaksanakan kegiatan bakti social

 k. Melaksanakan kegiatan pengajian bagi umat muslim.

 l. Mengikuti berbagai perlombaan antar sekolah.

 m. Melaksanakan kegiatan Iedul Adha bersama Sharis

 n. Menjadi bagian yang terintegrasi dari organisasi sekolah.

 B. Ekstra Kurikuler

 b.1. Mengokohkan eksistensi ekskul sebagai wadah pembentukan dan

        pengembangan bakat dan potensi siswa di luar akademik.

b.2. Menjadikan Ekskul disamping sebagai wadah bagi perintisan pres-

       tasi siswa khususnya, juga sebagai wadah pengembangan kepribadian seperti

       kepercayaan diri.

b.3. Menjadikan ekskul sebagai salah satu sumber raihan prestasi seko

       lah minimal di tingkat kota. Khususnya Basket, PMR dan Volly ball.

Untuk mencapai hal tersebut upaya yang akan dilakukan adalah :

  1. Melakukan promosi Ekskul kepada seluruh siswa
  2. Mengadakan rekruitmen untuk anggota baru serta mengadakan seleksi.
  3. Melakukan wawancara khusus bagi siswa yang akan memilih dua ekskul, agar tidak mengganggu sekolah, dan demi tercapainya prestasi ekskul yang maksimal.
  4. Melaksanakan pembuatan program kegiatan
  5. Melaksanakan Rapat Laporan Pertanggung Jawaban.
  6. Mengadakan pembinaan latihan 2 kali seminggu.
  7. Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.
  8. Mengikuti event-event pertandingan.
  9. Melaksanakan pembinaan dan peningkatan motivasi, baik secara organisasi maupun personal.

4. KEDISIPLINAN

A. DISIPLIN SISWA

1. Meminimalisir kesiangan

2. Meminimalisir ketidak hadiran

3. Membentuk keseragaman pada kerapihan berpakaian, rambut  

    dan lain-lain.

4. Membentuk siswa yang selalu siap melaksanakan tugas-tugas seko

     lah dengan baik.

Untuk mencapai  hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :

  1. Memberlakukan peraturan yaitu, bila siswa memasuki kelas melewati pukul 07.00, maka siswa tidak boleh masuk ke dalam kelas tetapi harus menunggu di perpustakaan mengerjakan tugas yang telah disediakan guru yang mengajar pada jam pertama, materinya adalah yang sedang diajarkan. Siswa tersebut boleh masuk ke dalam kelas pada jam berikutnya pada mata pelajaran yang berbeda, dan diawasi oleh piket dan petugas perpustakaan.
  2. Siswa yang kesiangan akan didata, apabila melebihi 3 kali kesiangan maka akan dipanggil orang tua, untuk memecahkannya dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama satu minggu sebagai pembelajaran dan latihan.
  3. Bila siswa datang ke sekolah melewati pukul 07.00 maka akan diminta untuk pulang kembali, dan dianggap alpa.
  4. Siswa yang tidak hadir tanpa keterangan 2 kali, akan diserahkan kepada wali kelas untuk dibina. Bila tidak berubah dan sampai 3 kali, maka akan dipanggil orang tuannya untuk musyawaran memecahkan masalah tersebut, dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak kesiangan selama 2 minggu. Apabila tidak ada perubahan maka akan diminta untuk pindah ke sekolah terdekat.
  5. Melaksanakan ketentuan wajib bagi guru yang mengajar pada jam pertama untuk membuat tugas untuk siswa kesiangan yang telah dititipkan kepada piket.
  6. Mengadakan koordinasi dengan para guru dan wali kelas untuk selalu mengawasi dan mengarahkan anak didiknya, dalam disiplin, baik kehadiran, berpakaian, berprilaku, rambut selalu pendek dan rapih, pelaksanaan tugas-tugas mata pelajaran dll.
  7. Mengadakan razia atas pakaian, atribut, rambut serta barang-barang lain yang tidak perlu dibawa ke sekolah dan barang-barang berbahaya.
  8. Membuat tata tertib siswa, denngan sosialisasi dilakukan oleh wali kelas.

B. KEBERSIHAN LINGKUNGAN

                1. Menjadikan seluruh kelas yang bersih, nyaman.

                2. Menjadikan lingkungan bersih di luar kelas

Untuk mencapai hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :

  1. Memberlakukan wajib kunci bagi semua kelas secara mandiri sepulang sekolah. Hal ini dilakukan agar kelas tidak digunakan sewenang-wenang oleh siswa tidak bertanggung jawab, seperti dipakai mojok, curat coret, membuang sampah sembarangan dll.
  2. Koordinasi dengan wali kelas agar piket wajib selalu dilaksanakan sepulang sekolah, dan yang tidak melaksanakan piket akan dikenakan teguran oleh wali kelas.
  3. Selalu diumumkan kelas paling bersih dan kelas paling kotor setiap satu bulan satu kali.
  4. Selalu mengkampanyekan kebersihan baik melalui setiap guru, wali kelas, maupun slogan-slogan.

5. PRESTASI AKADEMIK

1. Mencapai prestasi terbaik/unggul dalam setiap olympiade mata

     pelajaran yang diselenggarakan dinas pendidikan

2. Memperoleh juara pada setiap event cerdas cermat yang diseleng

     garakan perguruan tinggi, ataupun lomba yang lainnya yang berkait

     an dengan mata pelajaran.

3. Meningkatkan Pengetahuan / wawasan siswa di luar kelas sebagai

     Pengembangan dari teori pelajaran di kelas.

Upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah :

  1. Membentuk kelas unggulan dan memberikan pelajaran tambahan
  2. Membentuk kegiatan club bidang studi dan mengadakan pembinaannya.   
  3. Mengadakan kerja sama dengan wali kelas untuk mengadakan pem

Binaan baik secara klasikan maupun personal, dalam pemecahan

Masalah motivasi belajar.

                4.  Menyelenggarakan Karyawisata ke objek sejarah serta mengadakan

                      Penelitian sederhana ke perusahaan dengan dituangkan dalam ben

                      Tuk laporan karya tulis.

6. KEAGAMAAN

1. Membentuk suasana agamis di lingkungan sekolah dalam bentuk

     sikap saling menghargai antara murid dengan guru.

2. Membentuk suasana/iklim yang tenang dalam kegiatan sekolah se

     hari-hari

Upaya untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan :

  1. Membiasakan ucapan salam baik dari murid kepada guru ataupun sebaliknya
  2. Menyalakan pengajian Al-quran setiap pagi melalui speaker kelas dari jam 06.30 s/d 06.50.
  3. Membagi-bagi kelas setiap minggu untuk melaksanakan sembahyang jumat di sekolah
  4. Menyisipkan pesan kepada setiap guru agar disampaikan pesan-pesan moral dalam setiap mengajar.

7. ADMINISTRASI KESISWAANUntuk menunjang kelancaran kegiatan kesiswaan, perlu dilengkapi ad-

Ministrasi kesiswaan sebagai berikut :

  1. Rekapitulasi Absen siswa Kesiangan, Izin dan sakit
  2. Daftar siswa mutasi
  3. Daftar siswa pindah ke luar
  4. Daftar Prestasi ekskul
  5. Daftar ranking siswa
  6. Daftar keadaan siswa / Keluar dan masuk siswa
  7. Progran kerja kesiswaan
  8. Program kerja OSIS
  9. LPJ OSIS
  10. Program kerja Ekskul
  11. Buku Konseling siswa
  12. Jadwal latihan ekskul
  13. Daftar hadir peserta ekskul
  14. Administrasi keuangan ekskul
  15. Daftar penerima beasiswa
  16. Surat Dispensasi
  17. Surat pengantar siswa mengikuti suatu kegiatan di luar sekolah
  18. Surat tugas kepada guru yang membimbing siswa ke luar sekolah
  19. Daftar siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi
  20. Mengadakan kerja sama dengan pihak luar, Masyarakat/perusahaan.
  1. Foto-foto kegiatan kesiswaan
  2. Proposal-proposal kegiatan siswa.
  3. Daftar Alumni
  4. LPJ Ekskul
  5. Program MOS
  6. Program Karyawisata
  7. Daftar Siswa Tidak Naik
  8. Tata tertib siswa
  9. Surat-surat Undangan dari luar
  10. Program PSB
  11. Surat-surat panggilan siswa
  12. Daftar Nama siswa
  13. Perjanjian siswa
  1. III.                PENUTUP

Berbagai macam yang berkenaan dengan kesiswaan sangat banyak dan bervariasi dari mulai permasalahan siswa hingga peningkatan kualitas pengembangan diri. Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan pemikiran dan ide kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana yang matang. Semoga program yang telah disusun ini akan menjadi acuan atau pegangan dalam menangani berbagai macam hal berkenaan dengan peningkatan kualitas siswa , sehingga akan terbentuk siswa yang cerdas dilandasi dengan budi pekerti luhur serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

xt-indent:-18.0pt’>28.   Tata tertib siswa

  1. Surat-surat Undangan dari luar
  2. Program PSB
  3. Surat-surat panggilan siswa
  4. Daftar Nama siswa
  5. Perjanjian siswa
  1. III.                PENUTUP

Berbagai macam yang berkenaan dengan kesiswaan sangat banyak dan bervariasi dari mulai permasalahan siswa hingga peningkatan kualitas pengembangan diri. Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan pemikiran dan ide kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana yang matang. Semoga program yang telah disusun ini akan menjadi acuan atau pegangan dalam menangani berbagai macam hal berkenaan dengan peningkatan kualitas siswa , sehingga akan terbentuk siswa yang cerdas dilandasi dengan budi pekerti luhur serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.